Berawal Dari Hobi Melihat Bus Antar Kota


Digital Camera

Digital Camera

Ketika masih kanak kanak di sekolah kami tidak jauh dari jalan raya selalu terdengar bel Bus Agung yang mempunyai ciri khas suara bel Telolet yang dikeluarkannya. Sehingga anak anak selalu menoleh keluar jendela  untuk melihat bus tersebut yang berwarna kuning. Dari perilaku ini terkadang ibu guru menegur anak anak agar tidak ramai dan memandang keluar. Dalam bermain pun anak anak pada waktu itu bermain sopir sopiran sambil menirukan suara bel bel dari Bus. Bus pada waktu itu menjadi transportasi yang menarik baik dari sisi desain hingga suara klakson. Kalau di Jawa Timur cukup dikenal terdapat Bus Tjipto, Akaz. Kalau di Jawa Tengah ada bus Adam, Indonesia, Sekawan, Patmo, Sumber Lares, Ria, Nusantara, Harum.

Semakin majunya jaman model Bus bagus bagus dari sisi karoserinya. Dulu yang dikenal hanya  bus Mercedes benz sama Hino, tetapi sekarang banyak merek pabrikan yang masuk seperti Scania dan masih banyak lagi. Sekarang ada fenomena menarik yang dilakukan oleh anak anak. Hal ini kami ketahui pada saat perjalanan ketika memasuki Tol Krapyak Semarang menuju arah Solo. Dipinggir jalan tol dekat arah keluar Jatingaleh jelang sore hari, anak anak berjejer sambil membawa handphone berkamera dan ada yang membawa jenis Tab mengabadikan kendaraan yang lewat terutama yang di shooting adalah kendaraan besar Bus antar kota antar propinsi.  Apalagi saat ini liburan sekolah banyak anak anak yang memanfaatkan liburannya dengan menonton bus yang sedang berjalan. Pada sore hari memang banyak bus bus antar kota memasuki Semarang untuk meneruskan perjalanannya ke Jakarta. Iring iringan bus inilah yang menjadi perhatian anak anak. Bus yang lewat seperti Nusantara, Tunggal Daya, Tunggal Dara, Pahala Kencana, Lorena, Bandung Cepat, Jogja Cepat, Bogor Jaya, Zentrum, Giri Indah, Rosalia Indah, Garuda Mas, Mulyo Indah, Haryanto, Handoyo dan masih banyak lagi.

Teriakan anak anak yang terdengar dari pinggir jalan adalah “ Om Telolet Om “ yaitu permintaan agar sang sopir bus menyalakan klaksonnya. Bila ketemu sopir yang ramah anak anak tersebut akan disambut dengan suara klakson dari bus Telolet….telolet. Namun kalau sang sopir tidak berkenan ya dibiarkan saja tidak menuruti permintaan anak anak, terus melaju saja. Kegiatan anak anak ini ternyata menyebar di berbagai kota dan semakin mudahnya dunia internet mereka mengunggah hasil rekaman tersebut ke Youtube. Akhirnya sekarang menjadi terkenal Om Telolet Om hingga keluar negeri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: