Belajar Melalui Aplikasi Quipper


quipperKata Quipper kami kenal pada saat anak kami yang baru masuk sekolah pada tingkat SMP Juli tahun 2016 , oleh guru fisikanya diberikan kode siswa untuk masuk menjadi salahsatu grup belajar secara online. Sesampai dirumah bersama sama membuka website quipper dan melakukan registrasi terlebih dahulu. Menarik juga, yang berarti sang guru fisika tersebut familiar dengan dunia teknologi informasi. Walaupun sekolah anak kami tidak berada di kota besar tetapi sang guru dapat dinyatakan telah melek teknologi. Setelah membuka web tersebut ternyata sudah ada beberapa siswa sekelasnya yang telah bergabung. Sekilas tentang Quipper ternyata telah masuk Indonesia sejak tahun 2014, yaitu Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada pendidikan tingkat menengah baik itu SMP maupun SMA di Indonesia semakin mudah terselenggara dengan kehadiran beberapa startup pendidikan, salah satunya adalah Quipper School. Didirikan oleh Masayuki Watanabe di London pada Desember 2010, Quipper School merupakan startup pendidikan yang menyediakan dua layanan:

  • Pertama: Quipper School Learn sebuah portal khusus siswa dimana mereka bisa mengakses atau membaca materi pelajaran, menjawab soal, mengirimkan pesan ke guru, dan melihat performa belajar teman sekelasnya.
  • Kedua: Quipper School Link sebuah portal khusus untuk guru dimana mereka dapat menyiapkan tugas, melihat perkembangan siswa, mengirim pesan ke siswa, mengelola kelas, dan membuat kelas online.

Secara teknis, melalui Quipper School, guru dapat memberikan tugas kepada siswa secara online dan siswa dapat mengerjakannya (sekaligus mempelajari topik mata pelajaran yang berkaitan dengan tugas tersebut) baik di dalam maupun di luar kelas melalui perangkat mereka masing-masing yang terkoneksi dengan internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: