Buku Manusia Ide Mochtar Riady


cover-buku0001Mochtar Riady pernah masuk salah satu tokoh bidang perekonomian khususnya perbankan pada masa orde baru. Sepak terjangnya dalam dunia bisnis diakui hingga tingkat internasional. Saat ini dari pengalaman tersebut selama membangun usaha menuliskan buku berjudul Manusia Ide. Buku ini layak dibaca oleh siapa saja mengingat terdapat ajaran ajaran luhur buat manusia. Seperti kesetiaan seorang ayah dari Mochtar Riady yang ditinggal istrinya karena  melahirkan sang adiknya, hingga memberikan pelajaran dan menyiapkan keperluan sehari hari kepada kedua anaknya, dengan kesimpulan berperan ganda merangkap sebagai ibu hingga akhir hayatnya. Kesetiaan ini menjadi inspirasi yang dipegang teguh oleh Mochtar Riady ( Halaman 10 ).

Selama menjalankan usaha hingga menjadi professional banker juga diceritakan disini, sehingga kalangan perbankan juga layak membaca buku ini. Dituturkan juga awal debutnya berkarir di perbankan yang dapat membesarkan nama BCA dan Lippo Bank serta jejaring internasional yang dibangunnya. Mochtar Riady termasuk ahli dalam lobbying disamping banyak gagasan – gagasan atau ide. Tidak hanya menceritakan kesuksesan membangun Bank tetapi diceritakan juga bagaimana situasi ekonomi dan runtuhnya beberapa perbankan termasuk Lippo Bank. Kesan sebagai manusia tangguh, jujur dan santun, selalu menjaga etika menjadi pedoman hidupnya. Mengapa Lippo Grup saat ini meninggalkan bisnis perbankan dan beralih kepada bisnis properti menarik untuk dibaca ( halaman 203 -208 ). Lebih menariknya lagi saat ini Lippo Group sedang giat membangun sekolah sekolah bidang pendidikan dan kesehatan mendirikan rumah sakit rumah sakit di Indonesia.

Buku ini juga dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda karena mudah dipahami dan ditulis dalam bahasa keseharian. Sikap mau belajar kepada siapa saja walaupun kepada anak buahnya tidak menjadi persolan baginya. Kini usia Mochtar Riady menginjak 87 tahun dan seluruh kegiatannya sudah diserahkan kepada kedua anaknya sebagai penerus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: