Cara Menjadi Agen Bank Program Laku Pandai


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi telah meluncurkan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk keuangan inklusif (Laku Pandai). Laku Pandai merupakan program keuangan inklusif yang memungkinkan masyarakat membuka rekening tabungan, menabung, dan menarik dana melalui perantara agen bank. Selain tabungan, diharapkan nantinya Laku Pandai juga dapat memberikan kredit mikro kepada nasabah dan menjual produk keuangan lainnya, seperti asuransi mikro. Namun, saat ini Laku Pandai baru memberikan layanan tabungan. Program Laku Pandai merekrut masyarakat untuk menjadi agen bank di daerahnya. Bank menawarkan kepada siapa saja yang berminat menjadi agen mereka dengan cara membuat bank di rumah atau tempat usahanya. Agen Laku Pandai bisa dalam bentuk perorangan atau badan hukum yang bekerjasama dengan bank penyelenggara sehingga bisa menjadi kepanjangan tangan bank untuk melayani perbankan dan layanan keuangan lainnya dalam rangka keuangan inklusif.

Memudahkan Masyarakat Melakukan Transaksi Perbankan

Karena agen Laku Pandai merupakan kepanjangan tangan bank, maka masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi. Dengan adanya agen Laku Pandai di tengah masyarakat, diharapkan minat masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan menjadi semakin tinggi. Sehingga nantinya layanan perbankan lebih mudah diakses dan bank lebih mudah memberikan edukasi masyarakat terhadap transaksi non tunai.

Kemudahan bertransaksi tanpa harus datang ke kantor bank membuat minat masyarakat semakin besar untuk ikut serta dalam program Laku Pandai ini. Saat ini, sudah ada 17 bank yang mendaftarkan izin membuka layanan yang kerap disebut branchless banking ini ke OJK. OJK menyebutkan untuk tahap awal ini ada 4 bank besar yang ikut program. Ke-4 bank besar tersebut: Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia (BCA) dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) yang sudah mempunyai izin dan sudah memulai layanan bank tanpa kantor ini.

Dari 4 bank tersebut, ditargetkan akan direkrut sekitar 128.039 agen selama periode 2015. OJK juga segera mengeluarkan izin 3 bank lagi, yaitu: Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Danamon. Kedepannya agen Laku Pandai diharapkan mencapai 350 ribu, yang tersebar 75% di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga peluang masyarakat untuk membuat bank di rumah atau tempat usaha masih terbuka lebar.

Persyaratan Menjadi Agen Laku Pandai

Bagi masyarakat yang berminat menjadi agen Laku Pandai, masing-masing bank mempunyai kebijakan masing-masing. Namun secara umum, syaratnya hampir sama. OJK menetapkan beberapa persyaratan, di antaranya:

  1. Status penduduk setempat yang sudah dikenal baik masyarakat sekitarnya.
  2. Calon agen harus sudah menjadi nasabah bank yang bersangkutan (minimal 2 tahun) dan dipercaya bank.
  3. Mempunyai usaha utama yang telah berjalan sekurang-kurangnya 2 tahun dengan lokasi usaha yang tetap dan strategis.
  4. Yang bersangkutan harus memiliki kemampuan, kredibilitas, reputasi, dan integritas yang baik.
  5. Jika agen Laku Pandai juga merupakan salah satu nasabah kredit, maka ada syarat tambahan lagi yaitu, tidak boleh mengalami keterlambatan pembayaran cicilan kredit selama 6 bulan terakhir.
  6. Syarat umum administratif (KTP dan Kartu Keluarga).

Selain itu, masing-masing bank pelaksana Laku Pandai juga mempunyai syarat tambahan. Misalnya syarat tambahan untuk menjadi agen BRILink adalah mempunyai rekening tabungan atau giro BRI yang dilengkapi kartu ATM/debit, serta mempunyai sejumlah dana pada rekening tabungan atau giro untuk keperluan transaksi. Keuntungan menjadi agen adalah mendapatkan plafon transaksi sesuai dengan sejumlah dana yang disimpan di BRI.

Itulah beberapa syarat menjadi agen Laku Pandai. Namun masing-masing bank mempunyai pertimbangan sendiri sebelum menunjuk seseorang untuk menjadi agennya. Hal tersebut dikarenakan, bank harus menganalisa terlebih dahulu sebelum permohonan menjadi agen Laku Pandai disetujui. Keputusan juga mutlak ada di tangan bank. ( Sumber: cermati.com by Reza Karunia )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: