Perang Dengan Bandar Narkoba Telah Dimulai


Tahun 2016 menarkobamasuki tahun anti Narkoba dan Presiden telah mencanangkan darurat narkoba, demikian kata Kepala BNN Komjen Pol. Budi Waseso saat kunjungan kerja ke Jateng dan berbicara dihadapan Gubernur dan para Bupati/Walikota se Jateng akhir Desember 2015 lalu. Dalam kesempatan tersebut dipaparkan strategi pemberantasan narkoba. Data yang dirilis BNN sampai dengan bulan November 2015 pemakai narkoba menjapai 4,2 juta orang dan meningkat menjadi 5,9 juta orang hingga Desember 2015. Penghuni penjara yang ada saat ini 60 persen adalah masalah narkoba. Sedangkan 70 persen pengendalian peredaran narkoba ada di penjara.

Disampaikan Budi Waseso bahwa upaya pencegahan peredaran narkoba dilakukan dari internal BNN sendiri selaku leader operasi. Namun BNN tidak bisa sendirian dan menggandeng semua pihak termasuk TNI dan Polri serta masyarakat. Para penegak hukum harus bersih terlebih dahulu baru operasi keluar dapat intens dilakukan. Seperti salah satu penanya yang pengakuannya melihat sendiri bahwa temannya yang bekerja di BNN bahkan ikut sebagai pengedar. Komjen Pol Budi Waseso pun mengamini kalau di internalnya  ada oknum yang bermain main. Bahkan dalam menjerat sang pelaku dibutuhkan startegi karena mereka ini punya cara menghilangkan barang maupun penawar bila pemakai. Ketegasan perlu didukung oleh semua pihak. Masyarakat pun dapat menilai dan mengusulkan dicopot bila Budi Waseso bila kerjanya tidak benar.

Soal rehabilitasi Budi Waseso memang berbeda pendapat dan hal ini yang menjadikannya ditegur oleh Presiden, BNN dikasih anggaran rehabilitasi kok ndak mau. Rehabilitasi menurut Budi baiknya ada kewenangan Dinas Kesehatan atau Dinas Sosial. Kalau BNN ngurusi rehabilitasi, yang namanya pecandu dan telah direhabilitasi akan kembali memakai narkoba selepas rehabilitasi. Soal rehabilitasi juga sebagai arena bermain main pasal para penegak hukum dalam menjerat pelaku. BNN akan berkonsentrasi pada pencegahan dan pemberantasan. Bila pemerintah dan DPR menyepakati dan mengesahkan  kalau pembuat dan pengedar disahkan menjadi musuh Negara. Upaya pemberantasan tidak akan memakan waktu lama karena data data peredaran dan para pelaku sudah ditangan.

Para hadirin yang berkesempatan hadir dan mendengarkan secara langsung paparan Kepala BNN ini memberi apresiasi dan berharap pejabat seperti ini yang dibutuhkan saat saat ini. Komjen Pol Buwas berjanji memberantas peredaran narkoba di Indonesia sesuai kemampuan dan dukungan dari masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: