Sekilas Tentang Nanoteknologi


Pernahkah kita mendengar istilah nanosains dan nanoteknologi. Apa beda keduanya? Bedanya
adalah nanosains : ilmu yang mempelajari benda benda dengan ukuran nano [sepermilyar meter], sedangkan nanoteknologi adalah teknik manipulasi / rekayasa benda ukuran nano tadi untuk berbagai manfaat dan aplikasi.

Nanoteknologi banyak sekali jenisnya sesuai dengan manfaat yang ada didalamnya. Ada nanomaterial, nanopartikel, nanokomposit, nanomagnetit, nanoenergi, nanomedicine, dll.
Lalu bagaimana cara membuat nanoteknologi? Bagaimana mengetahui bahwa benda itu telah berukuran nano atau belum?
Ada 2 metode sintesis nano yang perlu diketahui bersama meliputi :

  1. Pendekatan top down : membuat ukuran nano dari bongkahan yang besar menjadi material nano dan hal ini bisa melalui proses menggiling, memotong, grafting, dll sampai terbentuk ukuran nano. Seperti halnya membuat tepung beras dari beras yang dihaluskan terlebih dahulu, begitu juga dengan pendekatan top down ini. Akan tetapi dalam skala industri besar, tidak menggunakan metode ini. Selain karena menghasilkan ukuran partikel yang berbeda beda dan banyak fase yang akan terbentuk, juga diperlukan proses pemisahan antara ukuran nano dan bukan nano, hal itu sangat membuang waktu jika dilakukan dalam industri besar.

2.Pendekatan bottom up : metode inilah yang biasa digunakan dalam industri, karena kita bisa membangun struktur benda berukuran  nano dari bawah / dari nol. Metode ini menghasilkan ukuran yang seragam sehingga tak perlu lagi proses pemisahan. Selain itu kita bisa merancang sesuai keinginan kita untuk sifat yang akan dihasilkan dari struktur nano tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: