Mengisi SPT Wajib Pajak Pribadi


Setiap akhir tahun setiap orang yang telah mempunyai penghasilan dan  mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) diharuskan melaporkan kewajiban perpajakannya melalui SPT Tahunan Perseorangan atau dikenal wajib pajak pribadi ( WP ). Wajib Pajak orang pribadi dalam pelaporannya ada tiga Formulir yaitu :

  1. Form 1770-SS yaitu formulir laporan bagi yang berpenghasilan selain dari usaha/pekerjaan bebas dan tidak lebih dari Rp 60 Juta setahun.
  2. Form 1770-S yaitu formulir laporan bagi yang berpenghasilan dari pekerjaan satu atau lebih pemberi kerja.
  3. Form 1770 yaitu formulir laporan bagi yang berpenghasilan dari usaha dan pekerjaan bebas, memperoleh penghasilan dari usaha dan pekerjaan bebas dengan menyelenggarakan pembukuan.

Dalam pelatihan pengisian SPT WP Pribadi ini kita mendapatkan pencerahan bahwa pelaporan perpajakan tidak usah ditakutkan seperti yang dirasakan kebanyakan orang. Ada peserta pelatihan yang menanyakan bahwa mempunyai NPWP akan repot tiap tahun harus bikin laporan. Apalagi ada persyaratan mau test sebagai PNS harus punya NPWP dulu, iya kalau diterima kalau tidak bagaimana nasib NPWP nya karena belum punya penghasilan sudah mempunyai NPWP. Ternyata ada nasehat jitu dari pemberi pelatihan bahwa bilamana belum mempunyai penghasilan tetapi sudah mempunyai NPWP dapat membuat surat pernyataan kepada Kantor Pelayanan Pajak setempat dimana terdaftar bahwa dalam tahun yang bersangkutan belum mempunyai penghasilan dan tidak dapat melaporkan SPT Tahunan. Ada lagi pertanyaan peserta yaitu diceritakan ketika kesuksesan usahanya di ekspos di media dan diwawancarai oleh stasiun televisi. Ternyata akibat dari tampilnya di layar kaca petugas pajak mendatangi rumahnya dan menanyai seputar omset usahanya. Sehingga bila ada tawaran ekspose kiat kiat sukses akan berpikir dua kali ternyata acara acara tersebut dipantau juga oleh petugas pajak. Memang petugas pajak yang dapat dilakukannya  menghimbau agar pembayaran pajaknya dinakkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: