Alat Bantu Mesocard


Mesocard merupakan Visualisasi dengan Kartu. Mesocard juga dikenal sebagai Metode Moderasi (dan sering kali, tetapi secara tidak benar, disebut sebagai ZOPP). Mesocard merupakan sebuah metode untuk berkomunikasi dengan menulis pada kartu-kartu dan menempelkannya ke dinding dan bukan hanya sekedar berbicara. Hal ini sangat produktif dalam melaksanakan proses curah pendapat (brainstorming) dan proses perencanaan dalam sebuah kelompok. Format dasarnya terdiri dari sebuah kartu dengan sebuah pertanyaan yang ditempelkan atau ditusukan di sebuah tempat yang dapat dilihat oleh semua peserta, dan semua peserta menanggapinya dengan menuliskan jawaban / komentar / usulan diatas kartu, yang semuanya kemudian dibaca keras-keras dan ditusukan atau ditempelkan di dinding.

Kelebihan: Setiap anggota kelompok dapat berpartisipasi. Lebih banyak orang yang dapat berkomunikasi pada saat yang sama. Komunikasinya dapat dilihat, dapat ditelusuri, dan berorientasi pada tujuan. Prosesnya partisipatif. Selain itu, nama penulis pun tidak perlu diketahui (anonim).

Kekurangan: Beberapa orang tidak merasa nyaman dengan metode ini, misalnya karena mereka takut bahwa metode ini akan membuat mereka malu, atau hanya karena metode tersebut bersifat partisipatif. Terkadang metode ini cukup rumit untuk diterapkan dalam suatu kondisi dimana budaya setempat memberikan tekanan yang kuat pada hirarki, dan dimana komunikasi antar individu dari tingkat hirarki yang berbeda bukan merupakan suatu hal yang umumnya dilakukan.

Keterbatasan: Mesocard biasanya lebih efisien dibandingkan dengan komunikasi oral. Tetapi mesocard membutuhkan waktu, dan biasanya waktu yang diperlukan untuk menggunakan metode Mesocard adalah setidaknya satu jam.

Peralatan: Peralatan dasarnya terdiri dari kartu-kartu dari karton yang berukuran antara 8 x 16 dan 10 x 20 cm, spidol, perekat, dan lembaran kertas buram berukuran 90 x 120 cm. Dalam versi yang lebih mewah, kartu-kartu tersebut dapat ditusukan ke sebuah papan yang dapat dipindah-pindahkan dan bukan ditempelkan di kertas buram.

Aturan: Terdapat tiga aturan dasar: 1) tulisan harus jelas, 2) usahakan untuk menulis sebanyak 5  – 7 kata per kartu / 3 – 4 baris, 3) hanya boleh terdapat 1 gagasan / pengamatan / usulan per kartu. Aturan-aturan yang lebih spesifik mencakup hal-hal berikut ini: 1) bacalah setiap kartu sebelum menempelkannya ke dinding, dan tunjukan kartu tersebut kepada para peserta ketika Anda membacakannya, 2) mintalah penjelasan dari kartu-kartu yang tidak jelas dan tulis ulang kartu-kartu yang tidak fokus / terlalu umum, TETAPI 3) situasi penulis yang anonim harus senantiasa dihargai, yaitu jangan pernah menanyakan ”Siapa yang menulis kartu ini?”, sebuah cara untuk meningkatkan situasi tanpa nama tersebut adalah dengan mengocok kartu-kartu tersebut sebelum mempresentasikannya. Apabila muncul diskusi oral, tidak seorang pun yang boleh berbicara lebih dari 30 detik dalam suatu kesempatan, dan semuanya harus berusaha menuliskan argumennya di kartu sehingga tidak terlupakan. Kartu-kartu yang tidak cocok dengan pertanyaan yang sedang diajukan dapat ditempatkan, agar dapat terlihat, di bagian yang berbeda untuk digunakan kemudian. Apabila terdapat pengamatan yang dipertentangkan, kontra-argumen harus dituliskan pada sebuah kartu, dan argumen serta kontra-argumen tersebut harus diberi tanda.

NB: Mesocard juga dikenal sebagai Metaplan®, yang merupakan merek dagang yang dimiliki oleh perusahaan yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: