Pasang surut Bisnis Franchise


FILE0062Bisnis franchise atau waralaba di dalam negeri tumbuh secara signifikan dari tahun ketahun. Pertumbuhan pada 2009-2010 mencapai 40 persen, naik dari penjualan 81 trilyun rupiah menjadi 114 trilyun rupiah. Pada tahun 2011 meningkat lagi menjadi 121 trilyun rupiah. Pertumbuhan waralaba paling signifikan terjadi pada bidang usaha makanan dan kuliner lainnya, baik untuk waralaba asing maupun local. Demikian siaran pers dari Kadin Indonesia. Fenomena ini harus dicermati agar Indonesia tidak kehilangan kesempatan mengambil manfaat dari pasar dalam negeri yang besar. Waralaba nasional harus mendapat manfaat dari perkembangan ini.

Regulasi waralaba yang telah dikeluarkan pemerintah sudah dua kali peraturan yang dikeluarkan  Kementrian Perdagangan yaitu PP No 42 Tahun 2007 tentang Waralaba dan peraturan baru Nomor 68/M-DAG/PER/10/2012 tentang Waralaba untuk jenis usaha toko modern. Tujuannya agar perusahaan waralaba asing yang mendirikan lebih dari 150 outlet harus mengajak partner local dan memenuhi muatan local 80 persen dari jenis barang yang diperdagangkan. Jika ada yang memiliki 5000 outlet maka harus melepas 40 persen dari total outlet selama lima tahun.

Bisnis franchise di Indonesia booming pada era 2005 hingga 2011 dan umumnya usaha franchise di Indonesia masih bersifat Business Opportunities ( BO ) terutama bisnis makanan, minuman dan jasa. Pemilik menawarkan waralaba, tetapi belum memenuhi satu atau beberapa criteria sebagai waralaba. Dalam praktek penawaran waralaba maupun BO melampirkan proyeksi keuangan. Namun masih perlu di uji keakuratannya karena masih ditemui alokasi gaji untuk karyawan yang masih dibawah UMR dan target penjualan yang sulit dicapai. Sehingga ini bisa menjadi salah satu factor menurunnya bisnis franchise dalam negeri dibandingkan bisnis franchise dari luar negeri. Masih banyak factor lagi yang mengakibatkan kurang berkembangnya usaha waralaba dalam negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: