Sekilas Tentang Permadani


Dalam benak kita mendengar kata permadani berarti karpet atau alas lantai. Namun Permadani disini adalah kepanjangan Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia, biasa disebut Permadani. Permadani ini merupakan organisasi yang melestarikan budaya nasional Indonesia karena dengan budaya nilai nilai luhur yang telah ada dapat terwariskan kepada generasi muda. Tujuan Permadani antara lain adalah menggali, membuka dan melestarikan kebudayaan peninggalan para leluhur kita. Permadani pertama kali lahir pada tanggal 4 Juli 1984 dideklarasikan oleh Ki Narto Sabdo dari Semarang Jawa Tengah. Perkembangan Permadani tidak segencar organisasi organisasi lainnya. Mengingat kaum muda atau peminat budaya nasional kita tidak signifikan dengan perkembangan jaman. Namun walau sedikit masih ada yang tertarik dan berminat mempelajarinya. Organisasi Permadani mempunyai sesanti yang disebut TRI NITI YOGA  yaitu :

  1. HAMEMAYU HAYUNING SASAMA, warga Permadani dimana saja dalam pergaulan di masyarakat dapat menjaga suasana rukun, aman tentram baik lahir maupun batin.
  2. DADOS JURU LADOSING BEBRAYAN INGKANG SAE, warga Permadani dimanapun berada dapat membantu orang lain dalam bermasyarakat dan bernegara secara tulus dan iklas.
  3. SADENGAH PAKARYAN SAGEDA NGREMENAKEN TIYANG SANES, warga Permadani dalam lingkungan kerja dan dimana saja dapat menjadikan senang orang lain.

Semua itu dilandasi paugeran TRI RUKUN yaitu Rukun Rasa, Rukun Bandha, Rukun Bala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: