Sinjang Tingkepan Mitoni


Sinjang adalah pakaian adat jawa, orang biasa menyebutnya jarit. Jarit ini mempunya makna dilihat dari corak yang ada. Nyamping atau sinjang bisa disebut juga jarit macamnya menurut adat jawa adalah : Wahyu temurun, Sido Mulyo, Sido Asih, Satriya Wibawa, Sido Luhur, Lurik, Sida Mukti. Dari nama nama ini menunjukkan perlambang manusia dalam mengarungi kehidupan baik secara lahir maupun batin.
Dalam adat Jawa bila sang ibu sedang mengandung untuk anak yang pertama akan lahir akan ada acara yang dinamakan Tingkepan Mitoni. Dalam acara tersebut penggunaan sinjang dengan macam coraknya akan menjadikan busana yang akan menjadi pilihannya. Arti dari corak sinjang, jarit untuk masing masing corak adalah :
1. Wahyu Temurun, lambang mempunyai keinginan atau harapan agar sang bayi nantinya mendapatkan kepandaian, kecerdasan dalam menyelesaian masalah dalam keluarga, berguna bagi keluarga maupun pada siapa saja.
2. Sido Mulyo, harapan sang bayi jika lahir nanti dapat kemulyaan selama lamanya.
3. Sido Asih, Harapannya nanti sang bayi menjadi orang yang baik tingkah lakunya dan disenangi oleh banyak orang dalam bermasyarakat.
4. Satriya Wibawa, mempunyai harapan agar sang bayi nanti menjadi orang yang berpangkat dan berwibawa dan dihormati orang banyak.
5. Sida Luhur, harapan sang bayi menjadi orang yang dpat memberi kesejukan dan dapat menghargai para leluhurnya dan kewibawaan pendahulu pendahulunya.
6. Lurik, dikenal juga motif tumbar pecah ( bumbu dapur), Perlambang permintaan kepada YME agar lahirnya sang bayi dapat selamat dan tanpa halangan apapun.
7. Sida Mukti, mempunyai harapan sang bayi nantinya selalu mendapatkan kemulyaan selama lamanya. Murah sandang pangan dan rejekinya.
Demikian adat tata cara mitoni. Namun ada pepatah Negara Mawa Tata, Desa Mawa Cara. Jadi menurut keadaan dan situasi masing masing daerah dan keyakinan masing masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: