MINYAK JARAK JADI SEJARAH


Pada waktu masih kanak kanak kita dikenalkan oleh guru bahwa minyak jarak yang konon pada masa lalu minyak ini dapat dipergunakan sebagai bahan bakar. Hingga pada akhirnya pemerintah juga pernah mengkampanyekan menanam jarak pada tahun 2006. Ini juga direspon dari berbagai kalangan termasuk industri. Pada waktu itu ada perusahaan kertas di Kudus yang memberikan presentasi mengenai minyak jarak ini. Di perusahaan ini konon mempunyai bidang riset dan punya kebun sendiri tanaman jarak. Sehingga katanya mesin mesin industrinya akan memakai minyak jarak dan mengajak masyarakat sekitar untuk menanamnya. Untuk memenuhi pasokan energi minyaknya yang diperkirakan harganya lebih murah dari solar. Apakah demikian, hingga tahun 2011 ini kenyataan dilapangan program tanam jarak semakin tidak jelas. Namun apabila dikaitkan dengan hasil penelitian oleh ahlinya, dinyatakan produktivitas tanaman jarak belum bisa memenuhi kuota.

Berikut beberapa aturan  yang pernah mengawal perihal energi alternatif.

  1. Januari 2006, pemerintah mengeluarkan peraturan presiden nomor 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi  Nasional dan disusul instruksi presiden nomor 1 tahun 2006 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati sebagai bahan bakar lain.
  2. Februari 2006, Menko Perekonomian menetapkan Tim Koordinasi Penyediaan dan Pemanfaatan Energi Alternatif.
  3. Mei 2006, Pertamina mulai memasarkan dua produk bahan bakar nabati di SPBU Jakarta.
  4. Juli 2006, Berdasarkan keputusan presiden nomor 10 tahun 2006 pemerintah membentuk Timnas Pengembangan Bahan Bakar Nabati
  5. September 2008, menteri ESDM mengeluarkan peraturan nomor 32 tahun 2008 mengenai Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati sebagai bahan Bakar Lain. Antara lain mengatur penahapan kewajiban minimal pemanfaatan bio diesel, bioetanol, dan minyak nabati murni.

Litbang Kementrian Pertanian pada era 2005 an mempunyai lahan tanaman jarak pagar seluas 3,5 ha hingga saat ini menjadi terlantar tidak ada yang mengurusi. Juga kebun kebun tanaman jarak di berbagai daerah mengalami terlantar. Akhirnya tanaman jarak ( Jatropha curcas ) menjadi bagian sejarah seperti yang pernah kita dengar dari cerita orang orang jaman dulu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: