MENGGUGAH KESADARAN BERASURANSI


Pemahaman masyarakat mengenai asuransi masih perlu ditingkatkan. Tidak semua orang memahami asuransi, akan tetapi bila dengar kata asuransi tentu semua orang mengenalnya. Bahkan di Indonesia asuransi sudah masuk kategori industri asuransi. Karena perkembangan asuransi dari tahun ke tahun makin meningkat. Salah satu indikatornya adalah maraknya usaha asuransi dari luar negeri yang memasuki wilayah Indonesia. Di dalam negeri sendiri telah ada usaha asuransi seperti asuransi Bumiputera 1912 yang lahir dengan nama yang menyesuaikan tahun kelahirannya. Produk produk asuransi seiring dengan perkembangan jaman dituntut menyesuaikan keadaan. Dari produk tradisional seperti pertanggungan atas jiwa, kesehatan sampai dengan produk modern yang menanggung kerusakan atas barang hingga pendidikan. Hampir semua usaha asuransi memasuki sendi sendi kehidupan manusia baik jalur jasa maupun produksi. Akan tetapi pemahaman mengenai asuransi tidak semua orang memahaminya secara baik. Karena dasar dari keikutsertaan asuransi adalah kesadaran diri. Pasar asuransi masih cukup luas dan menjanjikan. Sehingga diperlukan persiapan tenaga SDM yang dapat menopang industri asuransi ini.

Asuransi seiring dengan perkembangan jaman dan tuntutan pelayanan prima dari pemegang polisnya dituntut menyesuaikan dirinya dalam memberikan layanan dan informasi yang akurat. Maraknya maskapi asuransi dari luar negeri yang masuk bahkan telah membuka kantor kantor cabangnya di setiap ibukota provinsi menandakan pasar asuransi masih terbuka lebar di negeri ini.

Image tidak baik terhadap klaim asuransi yang pernah terpublikasikan melalui surat pembaca di media cetak telah dapat ditangani dengan baik. Salah satunya adalah pembekalan terhadap ujung tombak pemasaran asuransi. Penggunaan istilah konsultan keuangan yang dipakai merupakan langkah positif dalam membangun image yang baik terhadap perasuransian. Konsultan keuangan ini diharapkan dapat menjadi mitra calon customernya dalam membuat perencanaan keuangan. Tidak hanya sampai disitu saja, jalinan hubungan kekeluargaan harus dapat dibangun untuk berbagi solusi.

PEMAHAMAN ASURANSI

Masih minimnya pengetahuan tentang asuransi merupakan tantangan sekaligus peluang dalam menjaring nasabah calon pemegang polis. Sebagai tantangan, perusahaan asuransi dihadapkan dalam penataan manajemen yang baik dan mempersiapkan para tenaga konsultan perencanaan keuangannya. Peluangnya adalah masih banyaknya masyarakat yang belum paham mengenai asuransi. Pendidikan asuransi dan sosialisasi terhadap edukasi asuransi perlu diupayakan terus menerus. Dalam memasuki persaingan global baik secara manajemen maupun produk, usaha asuransi pribumi dituntut untuk selalu melakukan inovasi. Dengan melakukan inovasi inilah setiap terjadi perubahan jaman dapat menyesuaikan keadaan untuk dapat selalu hidup. Tantangan terbesar dalam usaha jasa asuransi nampak pada penyadaran masyarakat untuk melek asuransi. Salah satu penghambat kesadaran masyarakat diantaranya adalah budaya yang ingin mendapatkan sesuatu secara instant. Sedangkan dalam asuransi manfaat yang akan diperoleh adalah waktu jangka panjang. Dari masalah inilah seharusnya diantisipasi oleh dunia usaha asuransi dalam melakukan pembenahan dan melakukan inovasi layanan terhadap mitra dan calon pemegang polis terutama dalam pendidikan asuransi. Saat ini pendidikan asuransi masih diperoleh dari kalangan terbatas, yaitu pada perguruan tinggi yang membuka jalur atau jurusan asuransi. Sedangkan diluar itu masih banyak yang belum memahami. Orang yang telah masuk asuransi hanya orang yang secara sadar dalam menghadapi kenyataan hidup harus menyisakan pendapatan saat ini untuk di investasikan kedalam bentuk keikutsertaan asuransi untuk hadapi masa depannya. Bahkan di luar negeri seperti di Jepang. Menurut orang sana mengatakan bahwa setiap keluarga di Jepang yang mempunyai anak, wajib memberikan jaminan hidup anaknya melalui keikutsertaan asuransi.

PRODUK ASURANSI

Produk asuransi apa yang paling diminati ini menjadi segmentasi pasar bagi perusahaan asuransi. Secara tradisional produk masih seputar pertanggungan jiwa. Di ikutinya perkembangan jaman melalui inovasi produk sudah ada perusahaan asuransi yang mengembangkan layanan tambahan seperti pemeriksaan kesehatan, penyakit kritis hingga adanya semacam diskon pembayaran premi. Sektor industri juga tak luput menjadi obyek asuransi seperti kecelakaan kerja, kebakaran, kerusakan peralatan. Bidang jasa seperti di bidang pendidikan juga dimasuki asuransi yang diperuntukkan bagi orang tua yang konsen dengan masa depan pendidikan anaknya. Varian produk asuransi sudah cukup banyak. Sehingga masyarakat mendapatkan peluang dan banyak pilihan produk asuransi mana yang akan dipilih. Memilih produk asuransi juga mempertimbangkan dari pendapatan tiap bulan setelah dikurangi biaya hidup. Seberapa besar nilai rupiah yang akan di investasikan dalam bentuk asuransi. Ini akan mempengaruhi harga jual suatu produk asuransi yang dituangkan dalam bentuk pembayaran premi. Kantong masyarakatpun berbeda beda. Target yang dijadikan pemasaran asuransi cukup terbuka luas mulai dari keluarga dekat, lingkungan kerja, lingkungan organisasi, hingga profesi seseorang mulai dari seniman, pengacara, wirausahawan, dokter, teknisi. Disamping itu yang menjadi tantangan adalah bagaimana memasarkan produk asuransi kepada bidang atau sector tersebut. Kesan mengejar yang dirasakan oleh konsumen dari para tenaga marketing membuat risih calon konsumen. Ini bisa kita temui dari beberapa rekan yang pernah ditawari untuk mengikuti program asuransi perusahannya. Seolah olah malah menggurui kepada pihak calon konsumennya atau bahkan seakan akan menakut nakuti. Padahal ada pilihan cara yang paling bijak misalnya dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar bila sudah saling mengenal. Menawarkan produk asuransi tidak serta merta harus masuk ke pokok tujuan menjual produk asuransi. Masyarakat Indonesia masih menganut  budaya atau adat yang kuat di masing masing daerahnya.

Sehingga dalam upaya melaksanakan pemasaran usaha asuransi memperhatikan beberapa hal seperti malakukan edukasi mengenai manfaat dan pentingnya mengikuti program asuransi serta memperhatikan budaya setempat disamping tehnik menghadapi calon konsumen serta menghadapi beberapa keberatan keberatan yang secara umum ditanyakan perihal seputar keikutsertaan asuransi. Salah satu kunci keberhasilan suatu usaha adalah melakukan berbagai inovasi dan selalu tekun sabar dalam menghadapi setiap perubahan jaman yang sewaktu waktu cepat berubah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: