Program Kemitraan BUMN


Program kemitraan oleh BUMN dapat dimanfaatkan bagi UMKM yang membutuhkan, sebagai contoh program kemitraan PT. Angkasa Pura I dengan usaha kecil dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemberian pinjaman lunak untuk modal kerja dan investasi serta bantuan hibah pembinaan berupa bantuan pelatihan, pemasaran dan pemagangan. Program PKBL ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi usaha kecil, mikro sehingga menjadi usaha tangguh dan mandiri melalui pemanfatan dana dari bagian laba perusahaan. Bentuk program kemitraan dapat berupa pinjaman untuk modal kerja dan atau pembelian barang barang modal dalam rangka meningkatkan produksi. Pinjaman khusus, untuk membiayai kebutuhan dana pelaksanaan kegiatan usaha mitra binaan yang bersifat tambahan dan berjangka pendek dalam rangka memenuhi pesanan dari rekanan usaha mitra binaan. Syarat mengikuti program kemitraan pada PT. Angkasa Pura sebagai berikut :

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 1 milyar
  3. Milik warga negara Indonesia
  4. Berdiri sendiri, bukan sebagai anak perusahaan
  5. Berbentuk usaha perorangan dan badan usaha
  6. Mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan
  7. Telah melakukan kegiatan minimal 1 tahun
  8. Bersedia menyerahkan agunan.
  9. Belum pernah dan tidak sedang mendapat bantuan program kemitraan dari BUMN

Jasa administrasi pinjaman sebesar 6% per tahun flat dengan jangka waktu 3 tahun. Tata cara pemberian dana program kemitraan adalah :

  • UKM mengajukan rencana penggunaan pinjaman dan hibah untuk pengembangan usaha dalam bentuk proposal.
  • Seleksi, evaluasi dan survey atas proposal yang diajukan oleh petugas.
  • Penyelesaian proses administrasi antara UKM yang terpilih dengan mitra BUMN.
  • Pemberian dana pinjaman dilakukan langsung ke UKM pengusul.

Sektor usaha yang dapat diberikan pinjaman adalah sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa. Sedang kewajiban mitra binaan adalah melaksanakan kegiatan usaha sesuai dengan rencana yang telah disetujui oleh BUMN pembina. Membayar kembali pinjaman secara tepat waktu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

22 Tanggapan

  1. saya pelaku ukm di rembang jateng dimana saya bisa akses

    • Formulir permohonan bantuan pembinaan dapat diambil gratis di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara A. Yani di Semarang.

      • saya ada dikab.paling barat prov.bali, kemana sy bisa mengakses informasi/mendapatkan formulirnya. krn kab.jembrana terlalu jauh dari denpasar.

      • Iya mas, dari perusahaan/BUMN yang mempunyai program CSR bisa datang langsung dan menemui bagian program PKBL disana disediakan form aplikasinya.

  2. saya Tenaga Penyuluh IKM Perindustrian Kab Pemalang, mohon bantuan dan kejasamanya.

  3. saya berwiraswasta di cepu, kemana sy bisa mendapat pinjaman dana mitra binaan?

    • Di Cepu bisa hubungi Kantor Pertamina wilayah Cepu bagian Program Bina Lingkungan (PKBL)

  4. Kepada yang terhormat bapak pembina, saya wirausahawan di pringsewu_lampung, kemana sy bisa mendapat pinjaman dana mitra binaan?

    • Peta di Lampung kami belum begitu paham. Bila terdapat Kantor wilayah seperti Pertamina, Perkebunan, Perhutani. Bisa cari info di sana melalui bagian PKBL.

  5. Saya berada di daerah Gunungkidul prop. DI Yogyakarta, formulir bisa diambil dimana ya?….

    • Gunung Kidul wilayah Yogyakarta malah lebih mudah. Perum Angkasa Pura bisanya menyatu di Kantor Bandara setempat di Adisucipto.

  6. pak saya pelaku UKM baru di semarang tepatnya ungaran,bagaimana prosedurnya agar saya bisa mendapatkan bantuan kemitraan

    • Mas Ichwan, anda bisa memilih mitra seperti Pertamina, Jamsostek, Telkom mana yang anda cocok, dengan datang ke kantor tersebut bagian PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan ) untuk mengisi formulir yang telah disediakan.

  7. Pak saya pelaku ukm baru di bantul,selama ini saya ingin sekali mitra binaan.tapi belum tahu jalurnya.dg modal seadanya saya mendirikan usaha kerajinan bubut kayu.dg tmpat kerja 3m persegi utk bekerja.itu juga masih numpang mertua.saya ingin sekali mengembangkan usaha saya.d mana saya bisa mendaftar sebagai mitra usaha.mohon bimbinganya.trims

    • Ok mas, Bantul ikut DIY. Bisa temui kantor Angkasapura (Adisucipto) DIY, PT. Telkom, PT. POS datang temui bagian Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) untuk isi formulirnya. Gratis.

      • Trimakasih pak,utk balasanya.satu lagi pak,apakah harus datang lgsng d kantor angkasapura(adisucipto) ataukah ada kantor cabangnya d bantul.dan prosedurnya bagaimana.itu saja ,trimakasih utk konfirmasinya pak.

  8. pak saya pelaku ukm di sleman jogja kemarin bulan mei 2013 ajukan kemitraan di LPPM UGM – BNI tapi keganjal dengan keputusan mentri BUMN untuk penghentian program PKBL, pak mo tanya apa di angkasa pura juga sama pak atau masih jalan, nuwun

  9. Saya bergerak di kerajinan kulit reptil …selama ini berdiri sendiri dan saya berminat untuk bergabung diprogram kemitraan ….perusahaan saya berdomisili dijakarta pusat …..dan saya termasuk salah satu eksportir diindonesia untuk kulit reptil.mohon petunjuk kemana saya harus mengajukan proposal ini

    • Berhubung ada aturan menteri BUMN, penyaluran CSR sekarang melalui asosiasi CSR. Bisa ditanyakan ke salah satu BUMN di kota anda ( PT. Pos, Telkom, Angkasa Pura, Jasaraharja ) unit Bina Lingkungan. Periode saat ini siapa yang kebagian tugas sebagai ketua asosiasinya. Pengajuan proposal nanti di koordinir oleh asosiasi CSR BUMN.

  10. pak, mohon konfirmasinya untuk akses daerah Surabaya dan Sidorajo Jatim.terimakasih.

    • Bapak bisa menghubungi ke salah satu BUMN di kota anda divisi Bina Lingkungan, dan tanyakan BUMN apa yang saat ini menjadi ketua Asosiasi CSR nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: