PELUANG BISNIS MELALUI FRANCHISE


Franchise atau waralaba adalah tidak asing di telinga kita, namun apa toh yang dimaksud franchise itu? Demikian pertanyaan dari bagi yang belum memahami. Franchise merupakan startegi ekspansi usaha melalui jaringan. Jaringan tersebut adalah untuk mencakup wilayah distribusi yang luas, selanjutnya penguasaan pasar dan intensitas penjualan serta membuka simpul simpul terjadinya transaksi penjualan terakhir rantai suplai bahan baku dan distribusi. Mengapa usaha itu difranchisekan, jawabnya adalah salah satunya karena keterbatasan modal. Usaha ingin besar dan berkembang tentu membutuhkan tambahan modal. Baik dari pinjaman bank maupun pinjaman ke pihak ketiga lainnya. Untuk memperbesar skala usaha tersebut tanpa melalui pinjaman bank adalah melalui sistem franchise ini. Sistem franchise harus didukung melalui tiga pilar. Pertama, adanya sistem. Kedua suport dan ketiga yaitu brand. Di Indonesia banyak unit unit usaha yang punya peluang besar, tetapi belum dilirik oleh pelaku usaha untuk dikembangkan secara serius melalui sistem franchise. Dari catatan franchise indonesia telah terdaftar sebanyak lebih dari 1000 usaha franchise. Sebagian besar didominasi sektor makanan dan masih banyak yang dapat difranchise kan seperti empek-empek, Donat, soto, mie ayam, pecel, gado gado, gudeg. Jika pelaku usaha ini mengembangkan melalui sistem franchise kendala modal bukan lagi sebagai rintangan. Sebab jika sebuah unit usaha dikembangkan dengan sistem franchise, modal sepenuhnya diserahkan kepada pihak pembeli franchise. Dengan demikian bisnis bisa berkembang dengan cepat. Pemilik usaha akan memperoleh keuntungan dari fee atau royalty produk produk yang terjual. Perkembangan usaha franchise ini perlu disosialisasikan ke daerah daerah. Seperti pameran waralaba di Solo baru baru ini dengan tajuk waralaba fair 2011 di ikuti usaha usaha lokal seperti : Donat Bakar, pempek palembang, edamame, bandeng budheng, ikki bento, mie cendol, bebek super sambal, martabak sarang semut, mie pelangi, arbain, herba nusantara, optik diamon, harfam, javapuccino, rocket chicken, amanah que, martabak ufo, alfamart, e-tading, monex. Sebenarnya banyak usaha yang mempunyai potensi besar dan dikembangkan menjadi konsep franchise di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: