Belenggu Kreativitas dan Inovasi


Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kreativitas adalah suatu yang inheren, yang ada di diri manusia. Bahkan kebutuhan untuk berkreasi adalah daya hidup yang mendorong umat manusia bertahan di dunia ini. Bila demikian, mengapa tak banyak hal kreatif yang terjadi? Mengapa saya tidak sekreatif itu? Jawabannya, selama kita masih memiliki belenggu yang mengikat pola pikir kita, selama itu pula kita tak akan bisa menjadi kreatif, apalagi inovatif.

Belenggu-belenggu yang menghambat kreativitas kita adalah :

  1. Paradigma, paradigma terdiri dari ekstraksi teori, prinsip dan nilai nilai yang kita miliki yang sudah terinternalisasi sedemikian rupa sehingga ada kalanya kita tidak menyadari bahwa kita memilikinya. Paradigma inilah yang merupakan infrastruktur yang menentukan pola pikir dan cara memandang dunia. Disisi lain paradigma berfungsi sebagai sistem kekebalan yang memusnahkan pikiran atau ide yang dapat mengganggu sistem nilai kita. Yang menjadi masalah adalah bila paradigma kita terlalu kaku sehingga ia akan memusnahkan ide-ide yang baru dan berbeda.
  2. Absolut dan Tak Tergantikan, Model berpikir adalah alat yang kita gunakan untuk membuat prediksi, menjadi acuan kita bertindak dan memahami dunia. Satu model cocok untuk menyelesaikan satu masalah, sementara model lain menjawab hal yang berbeda. Kita seringkali terjebak bahwa masalah A hanya bisa dijawab dengan B. Sementara B sama selaki tidak bisa digunakan untuk menyelesaikan C. Padahal di dunia yang selalu berubah ini, bisa jadi B bukan solusi yang paling tepat untuk A. Atau bahkan B bisa digunakan untuk menyelesaikan A dan C sekaligus. Tidak ada satu hal pun yang absolut dan tak tergantikan. Kita selalu bisa menemukan solusi yang lebih tepat, lebih efektif untuk satu hal. Kita pun akan bisa menjawab lebih banyak pertanyaan jika kita mau membebaskan diri dari belenggu bahwa hanya ada satu jawaban yang pasti untuk satu masalah.
  3. Takut, Perasaan takut adalah hal yang paling sering membelenggu kreativitas. Perasaan takut salah dan takut gagal membuat kita seringkali memilih untuk menggunakan cara cara aman yang sudah pernah kita lakukan dan berhasil. Cobalah berpikir seperti kanak kanak. Dunia ini adalah sebuah permainan. Sesuatu yang mengasyikkan dan tidak perlu takut karenanya.

Kini pembaca sudah mengenali belenggu belenggu yang membatasi daya kreativitas anda. Dengan mengenal belenggu belenggu tersebut, diharapkan anda dapat lebih mudah mengatasinya dan membebaskan kreativitas anda. Satu hal yang harus di ingat adalah semakin sering menggunakan kreativitas, semakin tajam ide ide yang akan muncul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: