Birokrasi Buruk kah ?


Kita mendapatkan predikat pada pelayanan birokrasi buruk pada urutan kedua yang dirilis eksekutif bisnis ekspatriat, Political and Economic Risk Consultancy (PERC). Hasil tersebut konon mempengaruhi terhadap investasi yang masuk. Memang demikian yang terjadi dilapangan. Berdasar pengalaman tersebut ada kasus kasus yang dapat ditemui. Di satu sisi kami pernah mendapatkan pelayanan dari suatu Dinas, dan pelayanan ini mereka telah menerapkan pelayanan yang ramah terhadap tamu yang datang ke kantornya. Petugas tersebut juga menceritakan bahwa pola pikir birokrat kita sudah melakukan perubahan dan dibuktikan dengan pelayanannya yang memuaskan. Akan tetapi di satu sisi ada juga suatu dinas yang para petugasnya terkesan sombong seolah olah tamu yang membutuhkan mereka. Kebalikannya mereka malah mau minta dilayani. Itulah sekilas yang kira kira masih terjadi di negara kita. Predikat birokrasi buruk memang tidak mengenakkan bagi kita. Tapi upaya perbaikan tetap terus diupayakan. Ada korelasi hasil survey tersebut pada yang kami temui di lapangan terutama pada hubungan dalam suatu instansi antara kepala, kasubid dan staff mereka ada semacam jarak atau bukan levelnya. Sehingga dimungkinkan ini juga mempengaruhi kinerja dalam melaksanakan tugas bidang pelayanan tersebut. Bagaimanapun hasil survey tersebut perlu disikapi oleh para pengambil kebijakan untuk menata yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: