Kawasan Wisata Dieng


Kawasan ini merupakan dataran tinggi yang menawarkan panorama eksotis yang perpaduannya hanya dimiliki oleh kawasan di Kabupaten Banjarnegara. Berasal dari kata Dihyang yang berarti kayangan, sangat tepat dengan pola kehidupan masyarakat yang menciptakan suasana disiplin spiritual kuat sehingga nuansa spiritual terpadu dengan pola kehidupan dan tempat tempat eksotis di kawasan ini. Dataran tinggi Dieng memiliki hawa sejuk karena terletak pada ketinggian 2.000 m diatas permukaan laut, berjarak 55 km dari kota Banjarnegara, Dieng memiliki luas 110 Ha dan merupakan tujuan wisata berskala nasional dan internasional. Perpaduan unik antara budaya dan alam menawarkan wisatawan suatu suguhan yang hanya bias ditemukan di kawasan ini. Di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng terdapat candi candid an berbagai fenomena alam diantaranya :

SIBIRA

Sibira merupakan singkatan dari 3 lokasi tujuan wisata di dataran tinggi Dieng yang selama ini belum dibuka untuk umum, yaitu Sileri, Bitingan dan Rawe. Potensi yang ada dilokasi tersebut menyuguhkan panorama yang eksotik seperti kawah Sileri, air panas Bitingan dan Curug si Rawe.

KELOMPOK CANDI ARJUNA DAN CANDI GATOTKACA

Kelompok Candi Arjuna dibangun pada 809 M, peninggalan sejarah yang merupakan Candi Hindu tempat bermeditasi para leluhur. Kelompok candi tersebut terdiri Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntodewo dan Candi Sembadra. Candi candi tersebut dibangun dalam waktu yang tidak bersamaan. Candi Gatotkaca merupakan satu satunya candi yang mampu bertahan dari proses alam dibandingkan dengan candi candi lain dalam kelompok ini yaitu Candi Sayekti, Candi Petruk, Candi Antareja, Candi Nakula Sadewa dan Candi Nalagareng. Nuansa spiritual sangat terasa disekitar candi yang berdiri kokoh dan masih utuh untuk ukuran candi bersejarah.

TELAGA MERDADA

Telaga ini memiliki luas 25 Ha dan merupakan telaga terluas diantara sekian banyak telaga yang terdapat di Kawasan ini. Latar belakang bukit nan hijau dan taman bunga alami di area sekitar sangat memanjakan mata pengunjung. Wisatawan yang berkunjung ke telaga ini akan setuju dengan kepercayaan masyarakat sekitar bahwa siapapun yang berkunjung di telaga ini akan merasakan kesejukan dan ketenangan jiwa. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam sambil memancing ikan dengan menaiki perahu yang telah tersedia.

KAWAH CANDRADIMUKA

Kawah ini dikenal sebagai kawah yang paling atraktif. Berlokasi di lereng bukit yang mengeluarkan sumber air panas dan dingin, diyakini mengandung kekuatan magis dan sering dimanfaatkan para wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Satu Tanggapan

  1. sekarang dieng dinginya minta ampun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: