Ketrampilan Menjual


Sudah dua tahun ini saya didaulat untuk mengisi materi pemasaran dalam suatu pelatihan di salah satu Dinas. Tidak ada pendidikan pemasaran sebelumnya tapi saya beranikan diri menyanggupinya. Berhadapan dengan orang banyak bisa menjadikan pengalaman tersendiri. Akhirnya bisa berjalan dan mengalir begitu saja … eh ternyata peserta menyukai apa yang saya sajikan berdasarkan kuisenair yang diedarkan panitia. Kritik dan saran dari peserta yang tertulis pada lembar kuisenair sangat membantu dan bermanfaat bagi perbaikan pada saya. Dapat saya ceritakan disini pengalaman menjual saya peroleh pada saat masih kuliah dan pada malam hari saat liburan semester mencoba dagang roti bakar kaki lima. Selepas selesai kuliah mencoba merantau ke Bogor sambil cari cari kerjaan di Jakarta. Pada masa tunggu saya pergunakan jualan minuman di seputaran museum Bogor. Dari sinilah suka duka menjadi seorang penjual, banyak sekali pengalaman menghadapi pelanggan. Dari pengalaman pengalaman ini ternyata bila disampaikan kepada peserta pelatihan sangat membantu sekali disamping banyaknya referensi dari buku buku pemasaran.

Tinggalkan Balasan

